Senin, 18 November 2013

Gangguan pada tulang dan persendian

KELAINAN PADA TULANG
1.      Rakitis adalah pelunakan tulang pada anak-anak karena kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D, magnesium, fosfor atau kalsium, berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Rakitis adalah salah satu penyakit anak yang paling sering di banyak negara berkembang. Penyebab utama adalah kekurangan vitamin D, namun kekurangan kalsium yang memadai dalam diet juga dapat menyebabkan rakitis (kasus diare berat dan muntah dapat menjadi penyebab kekurangan). Meskipun dapat terjadi pada orang dewasa, sebagian besar kasus terjadi pada anak-anak menderita gizi buruk, biasanya akibat kelaparan atau kelaparan selama tahap awal masa kanak-kanak. Osteomalacia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi serupa terjadi pada orang dewasa, umumnya karena kekurangan vitamin D. [3] Asal usul "rakitis" kata mungkin dari kata dialek Inggris Kuno 'wrickken', memelintir. Kata berasal Yunani "rachitis" (ραχίτις, yang berarti "peradangan tulang belakang") kemudian diadopsi sebagai istilah ilmiah untuk rakitis, terutama karena kesamaan kata-kata 'dalam suara. Berkas:XrayRicketsLegssmall.jpg
·         Pencegahan: Pengobatan dan pencegahan rakitis dikenal sebagai antirachitic. banyak makan daging anjing minimal 1 kg, meskipun hal ini ditentang oleh banyak pihak. Pengobatan melibatkan asupan makanan meningkatkan kalsium, fosfat dan vitamin D. Paparan terhadap sinar ultraviolet B (sinar Matahari ketika Matahari tertinggi di langit), minyak ikan cod, halibut minyak hati, dan viosterol semua sumber vitamin D. Sebuah jumlah yang cukup cahaya ultraviolet B di bawah sinar Matahari setiap hari dan persediaan yang memadai kalsium dan fosfor dalam makanan dapat mencegah rakitis. Darker bayi berkulit perlu lebih lama untuk terkena sinar ultraviolet. Penggantian vitamin D telah terbukti benar rakitis menggunakan metode terapi sinar ultraviolet dan obat-obatan. Rekomendasi adalah untuk 400 unit internasional (IU) vitamin D per hari untuk bayi dan anak-anak. Anak-anak yang tidak mendapatkan jumlah yang cukup vitamin D meningkatkan risiko rakitis. Vitamin D sangat penting untuk memungkinkan tubuh untuk penyerapan kalsium untuk digunakan dalam kalsifikasi tulang yang tepat dan pemeliharaan.
2.      Fraktura atau patah tulang dibedakan menjadi patah tulang tertutup, patah tulang terbuka dan fisura.
a). Patah tulang tertutup, bila tulang yang patah tidak merobek kulit.
b). Patah tulang terbuka, bila tulang yang patah merobek kulit
c). Fisura, bila tulang hanya retak.
Salah satu bentuk fraktura pada tulang (gambar dibawah)
·         Pencegahan: Pasang penyangga tulang yang patah agar patahan tulangnya tidak semakin patah baik dengan menggunakan spalk / bidai, tongkat, kayu, sapu ijuk, tiang antena, dll yang ringan dan kuat diikat atau dibalut kuat tetapi tidak membuat ikatan atau balutan di bagian yang patah atau terluka. http://uleegle.files.wordpress.com/2009/11/fraktura.jpg

3.      Lordosis adalah Kelainan pada tulang leher dan panggul terlalu membengkok ke depan sehingga lengkung lumbar pada tulang belakang (vertebrae) melekuk ke dalam.http://uleegle.files.wordpress.com/2009/11/lordosis.jpg?w=300&h=240
·         Pencegahan: Duduk dengan posisi yang benar, Buatlah kaki Anda rileks di lantai, Sesuaikan kursi Anda, Letakkan benda di tempat yang mudah di jangkau, Hindari sakit di pergelangan, Berolahraga secara teratur, Diet cukup kalsium dan vitamin D.

4.      Kifosis adalah Kelainan pada tulang punggung yang terlalu membengkok kebelakang. Bisa disebabkan karena proses penuaan, infeksi TBC tulang belakang (vertebrae) ataupun posisi duduk yang salah yang dilakukan selama bertahun-tahun.
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSwkgKxvnmAGEgOq0hv2-fct_iI4jP6VdcFQqiZXitzPilADOpt
·         Pencegahan: Kifosis dapat dicegah sejak dini jika rajin meminum susu atau makanan tinggi kalsium dan melakukan olahraga yang menarik atau menekan tulang, mengurangi beban tas sekolah, membiasakan duduk tegak, baik di meja belajar di rumah maupun di sekolah. Sebaiknya ajak keluarga rutin berjemur matahari setiap pagi sebelum jam 9 pagi untuk membantu tulang menyerap kalsium dan vitamin D dalam tubuh.

5.      Skoliosis adalah Kelainan pada tulang, jika ruas-ruas tulang belakang membengkok kearah samping membentuk huruf S.
http://jani-orthoprost.com/wp-content/uploads/2013/03/skoliosis-atau-kelainan-tulang-belakang-dengan-x-ray.jpg
Pencegahan: Jangan suka duduk miring atau bengkok, Rajin berenang, olahraga menyentuh lantai/tumit sambil membongkokan badan, Jangan duduk berjam jam didepan komputer karena dapat menyebabkan tulang belakang sakit,Lakukan Yoga, karena Yoga dapat mencegah skoliosis, Konsumsi vitamin B setiap hari, agar tulang tidak nyeri, Usahakan tidur lurus dan tidak miring kesamping, Jangan suka membawa tentengan/tas yang beratNya tidak seimbang.Rajin rajin olahraga yang merangsang pertumbuhan tulang, seperti badminton, basket, renang, loncat tali, dsb.

6.      Polio, Yaitu kelainan pada tulang yang disebabkan oleh virus, sehingga keadaan tulangnya mengecil dan abnormal. http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQsoGiUQKRGlH2lFC2Y4GYDbojRIpqz8qSx_e-Kc50voTwNo9PSxg
·         Pecegahan: Imunisasi polio yang biasanya dilakukan saat bayi atau anak-anak, Bila memasak air harus mendidih dengan sempurna. Dengan suhu yang tinggi dapat cepat mematikan virus polio, sebaliknya bila keadaan beku atau suhu yang rendah virus ini bisa bertahan hidup bertahun-tahun, Biasakan menjalani pola hidup yang sehat, Sanitasi yang baik dan bersih.

KELAINAN PADA SENDI

1.      Dislokasi,disebabkan karena bergesernya sendi dari kedudukan semula karena jaringan gantungnya (ligamentum) sobek. https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9JI1eAAmrntMicLSqMm1lfCzm9v-hWYdjF9jRmu7x7cA4VFK4IhKObyon2j02GDf394dnKuQ_XanrmhqUebxWEqT2UuTGvY7UmhAr4o_nO7V58p7QJRAZ9XZ-RfsiT8q-9D29bs2nZCVE/s1600/art2.JPG
·         Pencegahan:
2.       Ankilosis,disebabkan karena adanya suatu keadaan persendian yang tidak dapat digerakkan seolah-olah menyatu.
3.       Terkilir,adalah tertariknya ligamentum ke posisi yang tidak sesuai,tetapi sendi tidak bergeser.Terkilir dapat terjadi karena gerakan tiab-tiba atau gerakan yang jarang dan sulit dilakukan.
4.      Artritis,adalah peradangan yang terjadi pada sendi.Artritis dapat dibedakan menjadi empat sebagai berikut :
*      Artritis Gout,terjadi karena adanya timbunan asam urat pada sendi-sendi kecil terutama jari-jari tangan.Sebagai akibatnya ruas jari-jari membesar.
*      Osteoartritis,adalah menipisnya tulang rawan sehingga mengalami degenerasi.Akibatnya,terjadi gangguan pada saat sendi digerakkan.
*       Artritis eskudatif,adalah terisinya rongga sendi oleh cairan yang disebut getah radang.Penyakit ini terjadi karena serangan kuman.

*      Artisis sika,adalah berkurangnya minyak sendi yang menyebabkan rasa nyeri saat tulang digerakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar